Lokasi Dan Tiket Masuk Taman Tempuran Cikal Piyungan Bantul

Posted on

Geliat pariwisata di Jogja khususnya di Bantul kian ramai dengan turut serta masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata di wilayahnya masing masing. Ide dan kreativitas masyarakat mampu dituangkan dalam ragam spot spot wisata yang keren. Kita tahu, dalam beberapa waktu terakhir ada banyak bermunculan destinasi wisata, utamanya yang menggabungkan pemandangan alam dengan sentuhan sentuhan kekinian. Selain wisata gardu pandang di wilayah mangunan dan sekitarnya, kini giliran piyungan yang punya destinasi baru. Tempat tersebut bernama Taman Tempuran Cikal yang menggabungkan antara wisata alam dan wisata adventure yang cukup menantang adrenalin. Dimana lokasinya dan ada apa saja didalamnya? yuk simak ulasan berikut

Lokasi taman tempuran cikal di Piyungan ini awalnya hanyalah lahan biasa yang tidak produktif. Namun oleh masyarakat setempat kini disulap jadi destinasi wisata yang mampu meningkatkan ekonomi warga setempat. Dalam setahun terakhir, warga dusun cikal ini berupaya mengelola tempuran antara sungai kaligawe dan sungai opak. Lahan yang awalnya bahkan hanya untuk pembuangan sampah, kini diubah jadi sebuah taman yang cukup menarik perhatian warga bantul dan sekitarnya.

Lokasi Dan Tiket Masuk Taman Tempuran Cikal Piyungan Bantul

Di mulai sejak awal 2018 lalu, warga dusun cikal gotong royong membersihkan lahan dari sampah sampah akibat banjir. Kontur tanah yang tidak ratapun dibuat menjadi senyaman mungkin untuk para pengunjung. Menariknya dana yang digunakan menggunakan swadaya masyarakat. Kini setelah setahun berjalan lahan denngna luas sekitar 9600 meter persegi ini tampak tertata dan rapi. Meski memang belum sempurna namun sudah layak untuk dikunjungi. Bahkan dilengkapi juga dengan aneka wahana dan tempat tempat untuk berteduh. Salah satu wahana di taman tempuran cikal yang cukup menyita perhatian adalah wahana kano.

Lokasi Taman Tempuran Cikal

Sesuai namanya, tempat ini berada di tempuran antara sungai opak dan kaligawe tepatnya di dusun Cikal, Desa srimulyo, Piyungan, Bantul. Lokasinya memang jauh dari pusat kota, namun cukup mudah ditemukan. Kalau dari kids fun kurang lebih berjarak 3 km. Susuri saja jalan wonosari, sesampainya di kids fun lurus terus sampai melewati jembatan kali opak. Setelah jembatan, langsung belok ke kanan melewati jalan bintaran kulon. Dari sini tinggal lurus saja, jika sudah melewati masjid al amin maka lokasi taman tempuran tinggal beberapa meter kedepan saja.

Harga Tiket Masuk Taman Tempuran Cikal

Mungkin karena masih baru, jadi kamu cukup membayar biaya seiklasnya saja. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan dan juga perawatan. Akan tetapi jika ingin menikmati wahana tentunya harus bayar. Namun tenang saja, harga tiket wahana ini sangatlah terjangkau. Misalnya saja untuk kano hanya Rp 5000,- itupun sudah termasuk pelampung. Sedangkan jika ingin susur sungai dengan speed boat cukup bayar Rp 10 ribu. Atau kalau mau coba flying fox dikenakan tiket Rp 15 ribu. sangat terjangkau bukan?

Wahana Taman Tempuran Piyungan

Meski wisata baru, namun wahana disini cukup banyak. Mulai dari ATV, mini motor trail, speed boat, flying fox, dan kano. Dari beberapa wahana tersebut, kano rupanya cukup menaik perhatihan. Wahana ini berupa perahu kecil yang hanya bisa dinaiki 1 orang saja dan didayung untuk menggerakanya. Mungkin karena jarang ditemukan ditempat lain, banyak yang penasaran. Selain itu biasanya juga digunakan untuk ajang berfoto foto. Tarifnya pun sangatlah terjangkau, hanya Rp 5 ribu saja dengan durasi 15 menit.

Demikian tadi info lengkap wisata baru di Bantul bernama taman tempuran cikal ini. Nah karena masih baru, buruan aja segera disambangi. Jadi belum begitu ramai dan gak perlu antri untuk mencoba wahana wahana disana. Jika kamu datang dari luar kota, bisa memilih omah wiraya homestay sebagai penginapan karena lokasinya gak begitu jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *