Tiket Masuk Dan Lokasi Kampung Kerapu Situbondo

Posted on

Kampung Kerapu Situbondo bakal menjadi destinasi wisata andalan di Jawa Timur pada 2019 mendatang. Bahkan setelah resmi diluncurkan pada 18 desember 2018 lalu, nama kampung kerapu kerap menjadi bahasan hangat para warganet. Tak sedikit foto fotonya yang viral di sosial media. Wajar saja, mengingat destinasi wisata terbaru di Situbondo ini cukup “wah”. Tak tanggung tanggung, pemkab Situbondo bahkan sampai menggelontorkan dana hingga lebih dari Rp 10 miliar. Dana tersebut digunakan untuk membangun sebuah dermaga yang menjorok ke laut. Seperti apa kecantikanya? yuk mari kita bahas satu persatu

Wisata kampung kerapu bisa jadi terobosan baru dalam dunia pariwisata. Sebab disini pengunjung akan disuguhkan dengan puluhan budidaya ikan kerapu di keramba. Puluhan keramba ini dikemas cukup menarik dengan dermaga melingkar yang terlihat instagramable. Dermaga yang terbuat dari kayu ini terletak sekitar 300 meter menjorok ke laut. Para pengunjung bisa mengelilingi dermaga sambil berfoto foto dan tentunya menikmati karamba ikan dan lautan lepas. Jika kamu datang sore hari, maka bisa mendapat bonus sunset yang cantik dari atas dermaga.

Tiket Masuk Dan Lokasi Kampung Kerapu Situbondo

Tak hanya itu saja, sebagai wisata andalan di Situbondo pada 2019 mendatang tentunya kampung kerapu dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Seperti perahu wisata, yang bisa digunakan untuk mengunjungi keramba keramba yang berada ditengah itu. Bahkan ada juga paket memancing ikan yang telah dibudidaaan. Obyek wisata ini memang memiliki tujuan salah satunya untuk mengenalkan konservasi hayati serta sumber daya perairan.

Berapasih Harga Tiket Masuk Wisata Kampung Kerapu Situbondo?

Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh kampung kerapu. Mulai dari eduwisata sumberdaya bahari dengan harga tiket sebesar Rp 35 ribu dengan durasi 3 jam. Kemudian ada paket memancing di keramba seharga Rp 50 ribu/orang/hari. Jika ingin mengadakan acara seperti family gathering tersedia jug menu menu seperti lobster, kerapu, kakap dll. Harga menunya bervariasi dai Rp 75 ribu sampai Rp 250 ribu.

Alamat / Lokasi Kampung Kerapu Situbondo

Kampung kerapu tepatnya berada di Dusun Gundil, Kelurahan Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Desa klatakan sendiri selama ini memang dikenal sebagai kampung keramba. Hal itu lantaran hampir semua warganya memiliki budi daya ikan kkeapu dengan keramba apung ditengah laut. Dermaga yang usai dibangun kini telah menjadi ikon dari budidaya ikan kerapu tersebut.

Mengenal Budi Daya Ikan Kerapu Di Wisata Kampung Kerapu

Budidaya ikan bisa dikatakan gampang gampang susah. Sebab selain panenya yang lumayan lama yakni antara 8 hingga 12 bulan, juga butuh modal yang idak sedikit terutama untuk pakan ikan. Di Desa Klatakan ini, budidaya tersebut dilakukan di tengah laut sekitar 500 meter dari bibir pantai. Keramba yang digunakan adalah kermba jaring sebagai rumah ikan dan drum plastik sebagai alat pengapung. Dalam satu petak terdapat sekitar 20 kotak tempat budi daya ikan dengan 300 ekor pada setiap kotaknya. Jadi dalam satu keramba kurang lebih menampung hingga 5 ribu ekor ikan.

Ada dua jenis ikan kerapu yang dibudidayakan yakni ikan kerapu cantang dan kerapu cantik. Kerapu cantik memiliki kualitas lebih bagus ketimbang kerapu cantang. Harganyapun dibandrol lebih mahal yakni mencapai Rp 160 ribu/kg. Sedangkan harga ikan kerapu jenis cantang dibanrol sekitar Rp 80 ribuan/ kg.

Mengembangkan wisata bahari bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kampung kerapu menjadi salah satu terobosan baru yang cukup menarik. Tempatnya yang dikemas secara instagenic, bakal menjadi primadona baru di jawa timur. Nah, jika ulasan lokasi dan tiket masuk wisata kampung kerapu situbondo diatas bermanfaat, jangan lupa untuk dishare dan bagikan dengan teman temanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *